Monday, November 12, 2012

Perubahan Sosial Budaya


Apa itu PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA?
          Perubahan Sosial adalah perubahan dalam hal struktur, fungsi, lembaga-lemaga, dan cara hidup dalam masyarakat yang diterima oleh anggota masyarakat.
          Perubahan Budaya adalah perubahan dalam hal unsur-unsur budaya dimasyarakat seperti: sistem pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, teknologi, filsafat, hukum adat, kebiasaan dan sebagainya.

Karateristik pada PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA:
1.    Tidak ada masyarakat yang perkembangannya berhenti karena setiap masyarakat mengalami perubahan secara cepat ataupun lambat.
2.    Perubahan yang terjadi pada lembaga kemasyarakatan akan diikuti perubahan pada lembaga sosial yang ada.
3.    Perubahan yang berlangsung cepat biasanya akan mengakibatkan kekacauan sementara karena orang akan berusaha untuk menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi.
4.    Perubahan tidak dapat dibatasi pada bidang kebendaan atau spiritual saja karena keduanya saling berkaitan.

Apa saja bentuk-bentuk dari PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA?
1.  Berdasarkan Perencanaan atau Niat Pelakunya
a.    Perubahan yang Dikehendaki (Direncanakan)
Adalah perubahan yang terjadi karena adanya perkiraan atau perencanaan oleh pihak-pihak yang menghendaki perubahan tersebut.
b.    Perubahan yang Tidak Dikehendaki (Tidak Direncanakan)
Adalah perubahan yang berlangsung di luar kehendak dan pengawasan masyarakat.
2.  Berdasarkan Lamanya Proses Perubahan
a.    Perubahan Evolusi (Lambat)
Adalah perubahan-perubahan sosial yang terjadi dalam proses yang lambat dan dalam waktu yang cukup lama tanpa ada kehendak tertentu dari masyarakat yang bersangkutan.
b.    Perubahan Revolusi (Cepat)
Adalah perubahan yang berlangsung secara cepat dan tidak ada kehendak kehendak atau direncanakan sebelumnya.

3.  Berdasarkan Pengaruhnya Terhadap Masyarakat
a.    Perubahan Besar
Adalah perubahan yang terjadi pada unsur-unsur struktur sosial dan kebudayaan yang memberi pengaruh langsung atau berarti bagi masyarakat. Contoh: pengelolaan pertanian dari mesin (traktor) pada masyarakat agraris merupakan perubahan yang membawa pengaruh besar.
b.    Perubahan Kecil
Adalah perubahan pada unsur-unsur sosial dan kebudayaan yang tidak membawa pengaruh langsung atau berarti bagi masyarakat. Contoh: perubahan pada mode pakaian.

Apa penyebab terjadinya PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA?
1.  Perubahan dari dalam Masyarakat
a.    Perubahan Penduduk
Perubahan yang dimaksud adalah perubahan dikarenakan bertambah dan berkurangnya jumlah penduduk. Pertambahan penduduk akan mnyebabkan perubahan pada tempat tinggal. Tempat tinggal yang semula terpusat pada lingkungan kerabat akan berubah atau terpancar karena faktor pekerjaan. Berkurangnya penduduk juga menyebabkan perubahan sosial budaya. Contoh perubahan penduduk adalah program transmigrasi dan urbanisasi
b.    Pemberontakan atau Revolusi
Revolusi dan pemberontakan merupakan dua hal yang saling berkaitan, pemberontakan merupakan salah satu cara mengadakan revolusi. Pemberontakan pada suatu negara akan menimbulkan perubahan besar pada sistem pemerintahan, lembaga-lembaga sosial, politik, ekonomi, dan sebagainya. Contoh revolusi Rusia yang terjadi pada tahun 1917 telah merubah negara yang berbentuk kerajaan absolut menjadi negara diktator.
c.    Peranan Nilai yang Diubah
Perubahan juga dapat disebabkan berubahnya peranan nila di masyarakat. Misalnya, sosialisasi program keluarga berencana mampu menghambat pertambahan penduduk.
d.    Peran Tokoh Kharismatik
Tokoh Kharismatik adalah tokoh yang disegani, dihormati, dan diteladani oleh masyarakat. Peran tokoh kharismatik membawa pengaruh dalam perubahan kehidupan masyarakat. Misalnya, Soekarno sebagai presiden RI memiliki kharismatik dihadapan rakyat karena keahliannya dapat berpidato dengan baik.

e.    Penemuan Baru
Adanya penemuan baru dalam kehidupan masyarakat baik itu berupa ilmu pengetahuan maupun teknologi memengaruhi dan membawai perubahan dalam masyarakat itu. Penemuan mobil misalnya. Penemuan tersebut akan membawa perubahan kebudayaan dan sosial masyarakat. Dalam masyarakat akan terbentuk status sosial/berdasarkan harta (mobil) yang dimiliki.

2.  Perubahan dari Luar Masyarakat
a.    Pengaruh Lingkungan Alam
Pengaruh lingkungan alam sangat berpengaruh dalam terjadinya perubahan sosial budaya. Misalnya, tanah yang subur dapat berguna untuk lahan pertanian sehingga masyarakat di daerah tersebut memiliki usaha sebagai petani. Kebudayaan di tanah subur pun tidak lepas dari kehidupan sosial sebagai petani sehingga kebudayaan tetap berhubungan dengan bidang pertanian.
b.    Kebudayaan Masyarakat Lain
Setiap masyarakat memiliki kebudayaan yang berbeda-beda, mereka saling hidup berdampingan. Masyarakat yang kebudayaannya kuat akan memengaruhi masyarakat lain yang tingkat kebudayaannya masih lemah. Pengaruh kebudayaan masyarakat lain yang lebih kuat terjadi terhadap masyarakat yang lemah, melalui beberapa cara, antara lain:
1)    Melalui hubungan secara fisik antarkelompok masyarakat
Kalau penyebabnya demikian, maka akan terjadi saling mempengaruhi antarbudaya dua kelompok masyarakat tersebut. Masing-masing kelompok masyarakat mempengaruhi masyarakat lainnya, tetapi juga menerima pngaruh dari masyarakat lain. Dengan demikian terjadilah perubahan sosial budaya pada dua masyarakat yang saling mempengaruhi tersebut. Mungkin masyarakat yang satu menggunakan budaya masyarakat yang lain dan sebaliknya.
2)   Melalui alat komunikasi massa
Jika proses mempengaruhinya melalui komunikasi massa, maka pengaruh itu hanya datang dari satu pihak yaitu pemakai alat komunikasi itu. Sedangkan pihak lain hanya menerima pengaruh kebudayaan itu tanpa mempunyai kesempatan memberikan pengaruh balik. Jika pihak lain yang mendengarkan atau melihat terpengaruh, maka akan terjadi perubahan sosial budaya pada masyarakat tersebut. Tetapi pada masyarakat yang akan menggunakan alat komunikasi, tidak akan terjadi perubahan sosial dan kebudayaan.


Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi jalannya proses PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA?
1.  Faktor Pendorong Perubahan Sosial Budaya
a.    Adanya sistem terbuka pada lapisan masyarakat
b.    Sikap menghargai karya orang lain dan keinginan untuk maju
c.    Kontak dengan kebudayaan lain
d.    Adanya sikap toleransi
e.    Sistem pendidikan formal yang maju
f.    Adanya orientasi ke masa depan
g.    Keadaan penduduk yang heterogeb
h.    Ketidakpuasan masyarakat terhadap keadaan pada bidang tertentu

2.  Faktor Penghambat Perubahan Sosial Budaya
a.    Perkembangan ilmu pengetahuan yang terhambat
b.    Sikap masyarakat yang sangat tradisional
c.    Kurangnya hubungan dengan masyarakat lain
d.    Adanya kepentingan-kepentingan yang telah tertanam kuat
e.    Rasa takut dengan adanya kegoyahan pada integrasi kebudayaan
f.    Hambatan yang bersifat ideologis
g.    Adat atau kebiasaan
h.    Prasangka terhadap hal-hal baru dan menilai bahwa hidup ini buruk, susah, dan tidak mungkin diperbaiki

Apa dampak dari PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA?
a.  Dampak Positif
Perubahan dapat terjadi apabila masyarakat dengan kebudayaan mampu menyesuaikan diri dengan gerak perubahan. Keadaan masyarakat yang memiliki kemampuan dalam menyesuakian disebut adjusment, sedangkan bentuk penyesuaian masyarakat dengan gerak perubahan disebut integrasi
b.  Dampak Negatif
Akibat negatif terjadi apabila masyarakat dengan kebudayaannya tidak mampu menyesuaikan diri dengan gerak perubahan. Ketidakmampuan dalam menyesuaikan diri dengan perubahan disebut maladjusment. Maladjusment akan menimbulkan disintegrasi.




Subscribe to Our Blog Updates!




Share this article!

No comments:

Post a Comment

Return to top of page
Powered By Blogger | Design by Genesis Awesome | Blogger Template by Lord HTML